Kamis, 07 April 2016

Iklan Online

Iklan online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya misalkan WWW ( Word Wide Web ) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran atau promosi agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.
   # Jenis-jenis iklan online :
A. Iklan teks, yaitu :
        1. Iklan Link, misalnya iklan baris, iklan teks PPC, iklan banner (yang berisi link iklan), dll.
        2. Iklan Kontekstual
        3. Iklan Hasil Pencarian
        4. Iklan Directori Online
        5. Iklan Daftar Lokal
        6. Iklan Konten
B. Iklan display, yaitu :
        1. Interstitial banners
        2. Pop up dan Pop under
        3. Floating advert
        4. Wallpaper advertising
        5. Map advertising
        6. Iklan banner
        7. Video online advertising banner
        8. Iklan media sosial
C. Iklan rich media (multimedia)
        1. Peel-back (iklan disudut atas halaman web0
        2. Floating (iklan tampil diatas konten sampai 15 detik dan menghilang)
        3. Expanding (iklan tampil di header atau footerdengan ukuran yang besar)
        4. Interstitial (iklan yang tampil diatas atau menutupi konten)
        5. Video
        6. Popup/popunder
Tips Pengindeksan Website
   a) Buat sitemap dan mengirimkannya ke google menggunakan alamat atau interface.
   b) Lakukan secara manual mengirim URL anda ke mesin pencari seperti Yahoo dan Google .
   c) Gunakan one-stop shop .

Model Pembayaran Iklan Online
a. Pay Per Impression => Pembayaran iklan setiap kali ilkan tampil pada website penyedia ilkan.
b. Pay Per Click => Pembayaran iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan iklan mereka.
c. Pay Per Action => Pembayaran iklan bila poengunjung sudah melakukan tindakan yang diinginkan
d. Pay Per Sale => Pemberian komisi sesua dengan jumlah produk yang berhasil terjual melalui link.
e. Pay Per Lead => Pemberian komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form, survei.
f. Pay Per Download => Pemberian komisi berdasarkan orang yang mengunduh file/ produk.
g. Pay Per Play => Pemberian komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio/video.
h. Pay Per Read => Pemberian komisi bila pengguna mengklik/membaca buku yang ditawarkan.
i. Pay Per Interaction => Pembayaran ini berdasarkaninteraksi dengan iklan tersebut.
j. Flat Rate atau Sponsorships
       Untuk memasar iklan secara gratis dapat dilakukan dengan mencari penyedia iklan gratis dan membuat konten kemudian submit artikel ke artikel directori. Dan jika konten berbentuk video dan di unggah ke website seperti youtobe membuat blog dan melakukan blogwalking sedangkan untuk yang berbayar dapat dilakukan dengan afiliasi program, Ad Networks.
      Keuntungan memilih iklan online sebagai media promosi :
*Tidak ada tanggal kadaluarsa. Media online dapat lebih fleksibel , instan, dan berubah-ubah.
*Lead time. Informasi online dapat dipublikasikan segera mungkin dan berubah secara teratur                                meskipun ada atau tidaknya lead time.
*Kualitas paparan. Konsumen hanya perlu mengklik banner atau iklan online lainnya maka informasi                   lebih lanjut ditampilkan.
*Kebebasan. Kebebasan dalam memilih memungkinkan pelanggan untuk mengambil keputusan                          untuk berinteraksi dengan merk atau tidak.
*Jangkauan. Dengan media internet iklan anda ditampilkan tanpa ada batas geografis, tidak peduli                     dimana lokasi konsumen anda. Satu iklan online memiliki potensi untuk mencapai ribuan                     konsumen yang tersebar di seluruh dunia.
*Biaya. Asalkan anda memahami bagaimana mengelola anggaran, menemukan cara pembayaran                        yang efektif, memilih media iklan online yang tepat, maka anggaran anda dapat dihemat dan                hasil dapat lebih terukur dibandingkan iklan tradisional.
        Tujuan Iklan Online, yaiyu :

a. Menginformasikan konsumen tentang merk-merk baru, mendidik tentang berbagai fitur dan manfaat merk, serta menfasilitasi penciptaan citra merk yang positif.
b. Membangun kesadaran merk, membuat konsumen sadar akan sebuah merek/produk, merupakan tujuan pemasaran yang penting bagi setiap pemasar.
c. Menjangkau pelanggan baru sdan menciptakan permintaan konsumen.
d. Membujuk konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan.e. Membangun loyalitas konsumen.
      Contoh Penyedia Iklan Online :
1. www.bandungspace.com
2. www.bandung.olx.co.id
3. www.berniaga.com
4. www.tokobagus.com
     Beberapa Penyedia Iklan yang menawarkan jasanya di internet diantaranya :

  • Ad Networks. Sebuah jaringan iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik web.
  • Rep Ad Agencies. Agen periklanan yang mewakili blog serta website tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar.
  • RSS Advert. Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, dapat disesuaikan dengan konten RSS feed tersebuat atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan ptomosi tertentu.
  • Sponsorship. Merupakan benrtuk bantuan dana atau dapat juga dalam bentuk produk / layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand.
  • Jaringan dan Bursa Iklan. Jaringan iklan adalah sekelompok website yang menyediakan tempat untuk iklan atau sebagai perantara yang dapat dibeli melalui penjualan tunggal. 
  • Bergabung dengan Group buying. Agar produk anda lebih dikenal, anda dapat bergabung dengan grup buying, contohnya LivingSocial dan Groupon.
  • Memanfaatkan pemasaran affiliasi. 
  • Menyewa space iklan banner

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar