Kamis, 07 April 2016

E-Commerce

E-Commerce bukanlah sekedar mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet , tetapi lebih pada sebuah transformasi bisnis yang merubah cara cara perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya sehari-hari . Berdasarkan kebutuhan pelanggan , strategi pemasaran dilakukan melalui 4 jenis yaitu : dengan menambah jumlah pemakai , memperbesar tingkat pembelian , mempertahankan pelanggan yang ada , menjaring pelanggan baru . 
Strategi pemasaran berdasarkan media dilakukan melalui ; keaslian lalu lintas informasi , optimalisasi Google Maps . Kampanye Pay Per Click (PPC) , promosi di media sosial , penggunaan blog, penggunaaan video marketing , surat kabar digital . Affiliasi pemasaran dalam E-Commerce merupakan salah satu cara untuk melakukannya . Anda dapat tetap setia dengan satu pedagang atau beraffiliasi dengan sebanyak pedagang yang anda butuhkan untuk bisnis anda . 
    Dalam membangun / mengelola website E-Commerce , perlu memperhatikan arsitektur dan konfigurasi system , serta penggunaan aplikasi website E-Commerce yang sesuai dengan produk yang ditawarlkan , dan mampu menjaga keamanan data serta komunikasi pelanggan . Konfigurasi sistem aplikasi E-Commerce perlu memperhatikan  kehandalan system yang biasa disebut dengan stateless web server dan statefull web server . 

     Konfigurasi sistem dan tool yang digunakan , adalah enkripsi public-key atau private-key , sertifikat , seccure protocol , enkripsi dan tool security , penggunaan firewall , dan keamanan pemrosesan kartu kredit . Sehingga para pelanggan produk produk yang anda tawarkan merasa memiliki pilihan produk dan keamanan data mereka dapat di pertanggungjawabkan .
      4 jenis relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan (Fingar,2000) :
                1. Relasi dengan pemasok (Supplier)
                2. Relasi dengan penyalur (Distributor)
                3. Relasi dengan rekanan (Partner)
                4. Relasi dengan konsumen (Customer)
    E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut : 
                  *Terjadinya transaksi antara dua belah pihak 
                  * Adanya pertukaran barang,jasa/informasi
                  * Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online .
      4 faktor yang mempengaruhi stategi E-Commerce : 
                  - Daur hidup produk 
                  - Posisi persaingan perusahaan di pasar
                  - Situasi ekonomi
                  - Penggunaan media online
      Manfaat E-Commerce secara umum ; 

                  a. Perluasan jangkauan geografis , perluasan basis pelanggan 
                  b. Menigkatkan visibilitas melalui Search Engine Marketing (SEM)
                  c. Memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan 
                  d. Membangun loyalitas pelanggan , pengumpulan data pelanggan 
                  e. Pengurangan biaya pemasaran dan periklanan 
    Cara penginstalan aplikasi Opencart : 
                   a. Download installer Opencart 
                   b. Upload dan ekstrak installer Opencart 
                   c. Membuat sebuah basis data 
                   d. Kunjungi alamat website anda 
                   e. Pre-Installation
                   f. Configuration 
                   g. Instalasi Opencart selesai 
                   h. Hapus folder 'Install'
Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan :

  • Search Engine
  • Optimalisasi Google Maps
  • Kmpanye Py Per Click (PPC)
  • Promosi di media sosial
  • Penggunaan Blog
  • Penggunaan Video Marketing
  • Surat kabar digital

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar