Strategi pemasaran berdasarkan media dilakukan melalui ; keaslian lalu lintas informasi , optimalisasi Google Maps . Kampanye Pay Per Click (PPC) , promosi di media sosial , penggunaan blog, penggunaaan video marketing , surat kabar digital . Affiliasi pemasaran dalam E-Commerce merupakan salah satu cara untuk melakukannya . Anda dapat tetap setia dengan satu pedagang atau beraffiliasi dengan sebanyak pedagang yang anda butuhkan untuk bisnis anda .
Dalam membangun / mengelola website E-Commerce , perlu memperhatikan arsitektur dan konfigurasi system , serta penggunaan aplikasi website E-Commerce yang sesuai dengan produk yang ditawarlkan , dan mampu menjaga keamanan data serta komunikasi pelanggan . Konfigurasi sistem aplikasi E-Commerce perlu memperhatikan kehandalan system yang biasa disebut dengan stateless web server dan statefull web server .
Konfigurasi sistem dan tool yang digunakan , adalah enkripsi public-key atau private-key , sertifikat , seccure protocol , enkripsi dan tool security , penggunaan firewall , dan keamanan pemrosesan kartu kredit . Sehingga para pelanggan produk produk yang anda tawarkan merasa memiliki pilihan produk dan keamanan data mereka dapat di pertanggungjawabkan .
4 jenis relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan (Fingar,2000) :
1. Relasi dengan pemasok (Supplier)
2. Relasi dengan penyalur (Distributor)
3. Relasi dengan rekanan (Partner)
4. Relasi dengan konsumen (Customer)
E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut :
*Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
* Adanya pertukaran barang,jasa/informasi
* Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online .
4 faktor yang mempengaruhi stategi E-Commerce :
- Daur hidup produk
- Posisi persaingan perusahaan di pasar
- Situasi ekonomi
- Penggunaan media online
Manfaat E-Commerce secara umum ;
a. Perluasan jangkauan geografis , perluasan basis pelanggan
b. Menigkatkan visibilitas melalui Search Engine Marketing (SEM)
c. Memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan
d. Membangun loyalitas pelanggan , pengumpulan data pelanggan
e. Pengurangan biaya pemasaran dan periklanan
Cara penginstalan aplikasi Opencart :
a. Download installer Opencart
b. Upload dan ekstrak installer Opencart
c. Membuat sebuah basis data
d. Kunjungi alamat website anda
e. Pre-Installation
f. Configuration
g. Instalasi Opencart selesai
h. Hapus folder 'Install'
Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan :
- Search Engine
- Optimalisasi Google Maps
- Kmpanye Py Per Click (PPC)
- Promosi di media sosial
- Penggunaan Blog
- Penggunaan Video Marketing
- Surat kabar digital
Tidak ada komentar:
Posting Komentar